Komponen Blended Learning

1


Komponen Blended Learning

Sekarang warga pembelajar disuguhkan dengan sebuah istilah dan praktik dari apa yang disebut dengan pembelajaran masa depan. Pembelajaran ini disebut “Blendet Learning”. Munculnya praktik pembelajaran ini disebabkan oleh perkembangan teknologi sehingga mempengaruhi pembelajaran. Pembelajaran tidak hanya terbatas pada suatu tempat tetapi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Pembelajaran demikian lebih dimudahkan melalui kehadiran teknologi internet. Melalui internet, pembelajaran dapat dirancang untuk dilakukan secara online di mana saja dan kapan saja. Dengan begitu peserta didik dan mahasiswa tidak terikat dengan satu model belajar yaitu sistem konfensional yaitu belajar dengan model tatap muka.

Adapun komponen-komponen dari Blended Learning yaitu:

1. Pembelajaran secara tatap muka

2. Pembelajaran mandiri

3. Pembelajaran online

Dalam operasionalisasinya, ketiga komponen di atur agar mendapat pembagian yang tepat. Artinya materi apa saja yang harus diberi dalam bentuk tatap muka, sedangkan yang lain diberi dalam bentuk tugas mandiri, dan juga pembelajaran yang dilakukan sendiri atupun secara bersama melalui pembelajaran online.

Ada perguruan tinggi yang sudah memiliki fasilitas untuk blended learning melalui ketersediaan komputer di sekolah, wifi dan laptop, sementara yang lain menggunakan apa yang dimiliki oleh guru dan dosen. Misalnya saya menggunakan blogspot sebagai media mempublikasikan bahan ajar yang saya sebut dengan bahan ajar online termasuk blog PAK Dalam Masyarakat Majemuk.

Kita perlu mengatur pembelajaran secara baik sehingga jelas pembelajaran tatap muka, mandiri dan online. Untuk pembelajaran online, kita dapat menggunakan blogspot dan menata secara profesional dengan menggunakan template blog yang profesional. Tentu kita menggunakan template blog yang memiliki tombol navigasi seperti blog ini, dan juga template blog harus Seo friendly, mobile friendly atau responsif. Dengan penggunaan template demikian maka pembelajaran online yang menggunakan blog spot akan nampak elegan dan berdampak bagi daya tarik dalam pembelajaran mata kuliah tertentu. Mungkin ada yang tidak terlalu ramah menggunakan blog, namun saya merasa sangat senang menggunakan blog sebagai bahan ajar online untuk sejumlah mata kuliah yang saya asuh.






Jadi komponen blended learning yang dimaksud dalam pembahasan ini yakni: (1) pembelajaran konvensional dicampur dengan (2) Studi Mandiri offline, (3) pembelajaran online. Ketiga komponen ini dipadukan dalam pembelajaran mata kuliah apa saja termasuk mata kuliah yang diajarkan di Sekolah Tinggi Teologi yang tersebar di Indonesia. 

Blog ini membahas Blended learning, maka implementasinya adalah MK. PAK Multikultural dapat dilaksankan secara belended learning. Unsur pertama, mahasiswa datang ke ruang kuliah sesuai jumlah pertemuan sebanyak 25% dan sisanya sebesar 75% dibagi dalam studi mandiri offline dan online. 

Selain itu blog ini sebagai pemenuhan unsur pembelajaran online, sementara studi mandiri offline, mahasiswa dapat kopi paste artikel ini dan mempelajarinya tanpa koneksi internet. Kopi paste dizinkan hanya untuk mahasiswa yang mengikuti MK PAK Multikultural yang diasuh oleh Yonas Muanley. Selain itu tidak boleh kopi paste untuk keperluan publikasi di blog tanpa izin atau mencantumkan link aktif.


Semoga bermanfaat

Salam




1 comment:

  1. You should see how my pal Wesley Virgin's adventure launches in this SHOCKING and controversial video.

    You see, Wesley was in the military-and soon after leaving-he revealed hidden, "mind control" tactics that the government and others used to get whatever they want.

    THESE are the EXACT same secrets tons of celebrities (especially those who "come out of nothing") and the greatest business people used to become wealthy and successful.

    You probably know how you use less than 10% of your brain.

    That's really because the majority of your brainpower is UNTAPPED.

    Maybe that expression has even occurred INSIDE OF YOUR own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head 7 years back, while riding an unregistered, beat-up trash bucket of a vehicle without a driver's license and in his pocket.

    "I'm so frustrated with living payroll to payroll! When will I finally make it?"

    You've taken part in those types of questions, isn't it so?

    Your success story is waiting to happen. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.

    UNLOCK YOUR SECRET BRAINPOWER

    ReplyDelete