Komentar Mantan Mahasiswa Mata Kuliah PAK Majemuk

0

Komentar Mantan Mahasiswa Mata Kuliah PAK Dalam Masyarakat Multikultural

Nama: Delmian Purba
NIM : 09-510

1. realitas masyarakat majemuk adalah keanekaragaman dalam budaya, keanekaragaman dalam sosial ekonomi, dalam Ras, dalam bahasa, dalam keagamaan.

2. "lingkungan dalam dan lingkungan luar" yang diungkapkan oleh christobart ialah bahwa "lingkungan dalam maksudnya gereja/ umat pilihan-Nya atau orang yang percaya kepada Yesus Kristus. sedangkan lingkungan luar maksudnya orang yang tidak percaya kepada Yesus Kristus.





3. salah satu prinsip PAK dalam masyarakat majemuk menurut saya yaitu "sosialisasi". sosialisasi disini mengenai cara pandang kita dalam mendidik atau memberi pelatihan. kita sebagai pengajar harus mengajar atau melatih anak diluar agama kita. memotivasi supaya anak didik yang lain juga melakukan demikian, mau saling berbagi kepintaran bukan hanya kepada sesama agama saja tetapi juga kepada agama lain

ladesma sitompulJanuary 27, 2013 at 10:09 PM

Nama : ladesma sitompul
NIM : 09-530

1. Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman karena Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang plural atau majemuk; hal ini ditandai dengan banyaknya etnis, suku, agama, budaya, kebiasaan, dsb, yang ada di dalamnya. Artinya, dari sisi etnisitas bangsa Indonesia adalah bangsa yang plural, dari sisi rasialitas bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, dari sisi religiusitas bangsa Indonesia adalah bangsa yang plural, demikian pula halnya dari sisi habitualitas, dan sebagainya.

2. Lingkungan dalam artinya orang-orang yang dipilih Tuhan untuk memberitakan injil kepada orang yang disekitarnya atau kepada orang dalam contohnya : Abraham yang Tuhan percayakan untuk membritakan injil kepada bangsa israel.
Lingkungan luar artinya orang-orang yang berada disekitar orang dalam yang menerima berkat karena keberadaan orang dari lingkungan dalam. Contohnya Hagar gundik Sarai, Potifar majikan yusuf serta masih banyak lagi contoh-contoh yang lain.

3. Menurut saya Prinsip PAK dalam masyarakat majemuk adalah dengan menjaga sikap. seperti menghargai Agama yang lain, membangun hubungan yang harmonis dengan tetangga yang tidak seiman, dan mempunyai rasa keterbukaan (saling menerima) tetapi tetap mempertahankan iman.


Nama : Riswanto Lago
NIM : 09-541

1. Realitas kemajemukan di Indonesia sudah ada sejak abad ke-13 ditandai dengan semboyan bhineka tunggal ika. oleh karena itu jelas sekali bahwa keanekaragaman budaya, etnis, suku, agama,kebiasaan, dan lain-lain itu sudah ada sejak dulu. kemajemukan ini merupakan salah satu karya ALLAH yang sudah ada sejak penciptaan.

2. Lingkungan dalam adalah orang-orang pilihan Tuhan yang sejak semula mendapat perhatian yang lebih dariNya, dengan menampakan diriNya serta berbicara kepada orang yang menjadi pilihanNYa, serta menjadikan orang-orang itu menjadi umatNya. sedangkan Lingkungan luar adalah orang-orang yang mendapat perhatian Tuhan namun tidak menjadi umat pilihanNya, tetapi melalui adanya lingkungan dalam maka lingkungan luar juga mendapat keselamatan dan ikut bergabung kedalam lingkungan dalam, maka menjadi anggota didalamnya.(dalam pandangan Prof. Dr. Chr. Bart.)

3. Prinsip PAK dalam masyarakat Majemuk menurut saya adalah berpegang pada pengajarn Kristus yaitu "Kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri". dengan kata lain bagaimana sikap tidak pandang bulu diberlakukan terhadap orang yang berbeda keyakinan, budaya, suku, dan sebagainya.

Nama : Reny Grace Vebiola Sitanggang
NIM : 09-540

1. Realitas Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku, budaya, mata pencaharian, agama dan bahasa,sehingga sering dikenal dengan masyarakat yang heterogen. masyarakat dengan berbagai perbedaan ini di persatukan dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

2. yang dimaksud dengan "lingkungan dalam" adalah orang-orang yang sudah dipilih Tuhan sejak semula untuk percaya kepada-Nya, seperti Gereja Tuhan dan anak2 Tuhan dalam masa sejarah Gereja dan pada zaman Alkitab hingga dapat diaplikasikan pada saat ini di kehidupan orang Kristen sekarang. "lingkar luar" adalah orang-orang yang tidak percaya atau belum percaya kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadinya.

3. Prinsip Fleksibelitas. yaitu prinsip dimana seseorang tidak boleh terlalu kaku kepada kemajemukan yang ada di masyarakat khususnya masalah agama. kita harus saling menghargai dan menghormati setiap perbedaan agama yang ada. supaya tercipta kerukunan di tengah masyarakat.



0 comments: