Silabus dan RPS Berbasis KKNI MK.PAK Dalam Masyarakat Mejemuk

0

SEKOLAH TINGGI TEOLOGI IKSM SANTOSA ASIH
Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Silabus dan RPS Berbasis KKNI
Jl. Raya Condet No.17 RT.005 RW.003,
Kel. Bale Kambang, Kec. Kramat Jati,
Jakarta Timur 13530 – INDONESIA


SILABUS

MATA KULIAH
PAK DALAM MASYARAKAT MAJEMUK
Dosen Pengampu: Dr. Yonas Muanley, M.Th.

A. Deskripsi

Mata Kuliah ini menolong mahasiswa dalam menganalisis prinsip dan strategi PAK dalam Masyarakat majemuk, menghayati pentingnya, serta mengembangkan model PAK Multikultur yang inklusif. Untuk mencapai maksud ini, pokok-pokok yang disajikan menjadi pengalaman belajar mahasiswa, yani: realitas pluralisme Masyarakat Indonesia; Dasar hokum dan teologis PAK dalam Masyarakat Majemuk; prinsip-prinsip PAK dalam Masyarakat Majemuk; sikap-sikap yang perlu dihindari dalam Masyarakat Majemuk; Pendekatan PAK dalam Masyarakat majemuk; Strategi PAK dalam Masyarakat Majemuk; model PAK yang multikultur (PAK Yang Idonesiawi) dan Inklusif yang cocok dengan Masyarakat Indonesia; memperlihatkan kesenangannya menjadi Guru PAK yang multikultur dan inklusif dalam hidup dan pelayanannyaMahasiswa mampu menguraikan realitas pluralisme Masyarakat Indonesia; Dasar hokum dan teologis PAK dalam Masyarakat Majemuk; prinsip-prinsip PAK dalam Masyarakat Majemuk; sikap-sikap yang perlu dihindari dalam Masyarakat Majemuk; Pendekatan PAK; merencanakan Strategi PAK; mengembangkan model PAK yang multikultur (PAK Yang Idonesiawi) dan Inklusif yang cocok dengan Masyarakat Indonesia; memperlihatkan kesenangannya menjadi Guru PAK yang multikultur dan inklusif dalam hidup dan pelayanannya


B. Model Pembelajaran
Ada berbagai model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran sebuah mata kuliah yang diadakan di Perguruan Tinggi. Dari sekian model itu, mata kuliah PAK Dalam Masyarakat MAjemuk diselenggarakan dengan menggunakan pendekatan berbasis KBK dan KKNI, yaitu diskusi kelompok dalam nuansa kolokium, serta Cooperative Learning. Pemilihan model pembelajaran ini didasarkan pada paradigma pembelajaran berbasis peserta didik. Dengan kata lain, upaya dalam pembelajaran desain kurikulum sekolah minggu melibatkan mahasiswa secara aktif mengembangkan pengetahuan dan membuat mahasiswa menjadi pusat pembelajaran. Pemanfaatan metode diskusi kelompok mewajibkan mahasiswa membentuk kelompokdiskusi/kelompok desain kurikulum untuk membahas bahan secara bergantian dan secara bergantian menjadi jurubicara dan presentasi. Ketika di luar kelas, mahasiswa meriview materi kuliah sebelumnya. Sedangkan alasan menggunakan model Cooperative Learning karena mata kuliah ini mengharuskan mahasiswa membahas dan menyimpulkan materi PAK Dalam Masyarakat Majemuk.

C. Buku Acuan Utama

Buku yang dijadikan sebagai sumber acuan dalam Teknologi dan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen yaitu:

Daniel Stefanus, Pendidikan Agama Kristen Majemuk (Bandung:Bina Media Informasi)
A.A. Yewango, Iman Agama dan Masyarakat dalam Negara Pancasila (Jakarta : BPK)
Andar Ismail, Ajarlah Mereka Melakukannya (Jakarta : BPK)
Chairul Mahfud, Pendidikan Multikultural (Yogyakarta : Pustaka Pelajar)
H.A.R. Tilaar, Multikulturalisme Tantangan-tantangan global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional (Jakarta : Gramedia Widiasarana)
Zakiyuddin Baidaway, Pendidikan Agama Kristen Berwawasan Multikultur (Jakarta : Erlangga)
Internet:
Yonas Muanley dalam http://masyarakatmajemuk.blogspot.com

D. Pelaksanaan Perkuliahan dan Penilaian

Lamanya pelaksanaan kuliah PAK Dalam Masyarakat Majemuk diadakan selama 14 minggu atau 14 kali pertemuan (tatap muka dilaksanakan dalam 1 minggu satu kali). Tahapan kuliah terdiri atas 7 pertemuan sebelum ujian tengah semester dan 7 pertemuan sesudah ujian tengah semester. Jadi, penilaian atau evaluasi terhadap prestasi mahasiswa dilaksanakan dalam 2 kali, yaitu melalui Ujian Tengah Semester atau UTS dan Ujian Akhir Semester atau UAS. Penilaian yang diperoleh mahasiswa dalam bentuk Nilai Akhir adalah akumulasi dari nilai seperti: kehadiran dan keaktifan di kelas (10%), tugas terstruktur (30%), UTS (25%) dan UAS (25%). Grade nilai terdiri dari: Nilai A (80 – 100), Nilai B (66 – 79,99), Nilai C (56,99), Nilai D (46 – 55,99) dan Nilai E (0 – 49,99). Nilai A, B dan
C lulus, sedang nilai D dan E tidak lulus dan wajib diulang.




RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)
Mata Kuliah PAK Dalam Masyarakat Majemuk
Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Semester
Kode
SKS 2 SKS
Dosen Dr. Yonas Muanley, M.Th.

Kompetensi
Mahasiswa Semester VIII STT IKSM SA Jakarta mampu menganalisis prinsip dan strategi PAK dalam Masyarakat majemuk, menghayati pentingnya, serta mengembangkan model PAK Multikultur yang inklusif

(1)
Pertemuan Minggu ke (2)
Kemampuan Akhir yang diharapkan (3)
Materi Pembelajaran (4)
Model Pembelajaran (5)
Kriteria/Indikator Penilaian (6)
Bobot
Nilai
1
Mahasiswa mampu menguraikan realitas pluralisme Masyarakat Indonesia
Diskusi Kelompok
Dosen : Merancang bahan diskusi tentang realitas pluralisme masyarakat Indonesia Peserta didik aktif berdiskusi dan berperan mempresentasikan hasil diskusi 5%
2
Mahasiswa mampu menjelaskan Dasar hukum dan teologis PAK dalam Masyarakat Majemuk
Peran Guru dalam pembelajaran Diskusi Kelompok
Dosen : Merancang bahan diskusi tentang Peran Guru dalam pembelajaran . Mahasiswa mendiskusikan dan setiap peserta kelompok mendapat peluang menyatakan pendapatnya tentang Peran Guru dalam pembelajaran Peserta didik aktif berdiskusi dan berperan mempresentasikan hasil diskusi 5%
3 Mahasiswa mampu menjelaskan Dasar hokum dan teologis PAK dalam Masyarakat Majemuk
Peran Guru dalam pembelajaran Diskusi Kelompok
Dosen : Merancang bahan diskusi tentang dimensi-dimensi peran guru dalam pembelajaran. Mahasiswa mendiskusikan dan setiap peserta kelompok mendapat peluang menyatakan pendapatnya tentang peran guru dalam pembelajaran Peserta didik aktif berdiskusi dan berperan mempresentasikan hasil diskusi 5%
4
Mahasiswa mampu mengidentifikasi prinsip-prinsip PAK dalam Masyarakat Majemuk
Komponen-komponen pembelajaran Diskusi Kelompok
Dosen : Merancang bahan diskusi tentang Komponen-komponen pembelajaran..
Mahasiswa mendiskusikan dan setiap peserta kelompok mendapat peluang menyatakan pendapatnya tentang Komponen-komponen pembelajaran Peserta didik aktif dalam mengidentifikasi prinsip PAK MAjemuk 10%
5
Mahasiswa mampu mencermati sikap-sikap yang perlu dihindari dalam Masyarakat Majemuk

Ragam Strategi dan metode megajar
Diskusi Kelompok

Dosen : Merancang bahan diskusi tentang Ragam Strategi dan metode megajar
Mahasiswa mendiskusikan dan setiap peserta kelompok mendapat peluang menyatakan pendapatnya tentang Ragam Strategi dan metode megajar Peserta didik aktif dalam mengcermati sikap-sikap yang perlu dihindari dalam masyarakat mejemuk 10%
6
Mahasiswa mampu mendeskripsikan Pendekatan PAK Ragam Strategi dan metode megajar Diskusi Kelompok

Dosen : Merancang bahan diskusi tentang Ragam Strategi dan metode megajar .

Mahasiswa mendiskusikan dan setiap peserta kelompok mendapat peluang menyatakan pendapatnya tentang ragam strategi pembelajaran PAK Peserta didik aktif dalam mengidentifikasi pendekatan pembelajaran Pendidikan Kristen
10%
7
UJIAN TENGAH SEMESTER
8
Mahasiswa mampu mendeskripsikan Pendekatan PAK (Lanjutan)
Kriteria pemilihan strategi pembelajaran PAK
Diskusi Kelompok

Dosen : Merancang bahan diskusi tentang kriteria pemilihan strategi pembelajaran PAK.

Mahasiswa mendiskusikan dan setiap peserta kelompok mendapat peluang menyatakan pendapatnya tentang kriteria pemilihan strategi pembelajaran PAK Peserta didik tepat waktu menyelesaikan tugas 10%
9
Mahasiswa mampu merencanakan Strategi PAK
Ketrampilan mengajar Diskusi Kelompok

Dosen : Merancang bahan diskusi tentang ketrampilan mengajar PAK.

Mahasiswa mendiskusikan dan setiap peserta kelompok mendapat peluang menyatakan pendapatnya tentang ketrampilan mengajar PAK Peserta didik tepat waktu menyelesaikan tugas 10%
10
Mahasiswa mampu merencanakan Strategi PAK (lanjutan)
latihan menyusun strategi pembelajaran
Diskusi Kelompok

Dosen : Merancang bahan diskusi tentang latihan menyusun strategi pembelajaran


Mahasiswa mendiskusikan dan setiap peserta kelompok mendapat peluang menyatakan pendapatnya tentang latihan menyusun strategi pembelajaran Peserta didik tepat waktu menyelesaikan tugas 10%
11
Mahasiswa mampu mengembangkan model PAK yang multikultur (PAK Yang Idonesiawi) dan Inklusif yang cocok dengan Masyarakat Indonesia
latihan menyusun strategi pembelajaran
Diskusi Kelompok

Dosen : Merancang bahan diskusi tentang latihan menyusun strategi pembelajaran


Mahasiswa mendiskusikan dan setiap peserta kelompok mendapat peluang menyatakan pendapatnya tentang latihan menyusun strategi pembelajaran Peserta didik tepat waktu menyelesaikan tugas 10%
12
Mahasiswa mampu mengembangkan model PAK yang multikultur (PAK Yang Idonesiawi) dan Inklusif yang cocok dengan Masyarakat Indonesia
latihan menyusun strategi pembelajaran latihan menyusun strategi pembelajaran
Peserta didik tepat waktu menyelesaikan tugas 10%
13
Mahasiswa mampu memperlihatkan kesenangannya menjadi Guru PAK yang multikultur dan inklusif dalam hidup dan pelayanannya Pembelajaran Remedial Praktik kesenangan menjadi guru PAK yang multikultural dan Inklusif Peserta didik tepat waktu menyelesaikan tugas 10%
14
UJIAN AKHIR SEMESTER
Sumber

Daniel Stefanus, Pendidikan Agama Kristen Majemuk (Bandung:Bina Media Informasi)
A.A. Yewango, Iman Agama dan Masyarakat dalam Negara Pancasila (Jakarta : BPK)
Andar Ismail, Ajarlah Mereka Melakukannya (Jakarta : BPK)
Chairul Mahfud, Pendidikan Multikultural (Yogyakarta : Pustaka Pelajar)
H.A.R. Tilaar, Multikulturalisme Tantangan-tantangan global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional (Jakarta : Gramedia Widiasarana)
Zakiyuddin Baidaway, Pendidikan Agama Kristen Berwawasan Multikultur (Jakarta : Erlangga)
Internet:
Yonas Muanley dalam http://masyarakatmajemuk.blogspot.com 9.1. Daniel Stefanus, Pendidikan Agama Kristen Majemuk (Bandung:Bina Media Informasi)
A.A. Yewango, Iman Agama dan Masyarakat dalam Negara Pancasila (Jakarta : BPK)
Andar Ismail, Ajarlah Mereka Melakukannya (Jakarta : BPK)
Chairul Mahfud, Pendidikan Multikultural (Yogyakarta : Pustaka Pelajar)
H.A.R. Tilaar, Multikulturalisme Tantangan-tantangan global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional (Jakarta : Gramedia Widiasarana)
Zakiyuddin Baidaway, Pendidikan Agama Kristen Berwawasan Multikultur (Jakarta : Erlangga)
Internet:
Yonas Muanley dalam http://masyarakatmajemuk.blogspot.com



0 comments: