Implementasi Blended Learning dalam Mata Kuliah PAK Majemuk

0

Kini lagi marak pembelajaran masa depan yang disebut dengan “Blended Learning”. Dalam pendekatan pembelajaran ini, usaha untuk memadukan pembelajaran tatap muka atau yang disebut dengan pembelajaran konvensional, dengan pembelajaran mandiri dan pembelajaran online.
Setelah membaca beberapa sumber, saya memutuskan untuk menerapkan pembelajaran “Blended Learning dalam “Mata Kuliah Pendidikan Agama Kristen dalam Masyarakat Majemuk atau Multikultural. Saya melakukan ini karena beberapa unsur yang ada dalam Blended Learning ada dalam proses pembelajaran yang saya lakukan. Misalnya selain mengajar tatap muka, saya juga punya weblog berbasis blogspot dan wordpress untuk mengonlinekan bahan ajar saya. Dengan fakta ini, saya memutuskan untuk melakukan pembelajaran Blended Learning pada setiap mata kuliah yang saya ajarkan di Sekolah Tinggi Teologi mulai Agustus sampai Desember 2019.
Saya memiliki sejumlah bahan ajar online yang menggunakan blog gratis. Walaupun gratis, saya menggunakannya dengan penuh semangat karena blog free maupun berbayar hanyalah media, itulah sebabnya saya tidak perlu malu melainkan konfidens untuk melakukan pembelajaran Blended Learning dalam mata kuliah yang saya asuh.



0 comments: