Dasar Paedagogis PAK Dalam Masyarakat Majemuk

0

Dasar Paedagogis PAK Dalam Masyarakat Majemuk

Secara paedagogis, berlangsung kegiatan orang dewasa memberi bimbingan atau tuntunan kepada orang belum dewasa untuk mencapai kemanusiaan secara utuh. Adam dan Hawa melaksanakan proses paedagogik itu kepada anak-anaknya, Kain, Zet melanjutkan proses paedagogik itu kepada anak-anaknya. Demikian seterusnya dalam proses perkembangan manusia sampai munculnya proses paedagogik secara formal (Sekolah). Dalam masyarakat majemuk pendidikan (mendidik) atau paedagogik yaitu kesediaan orang dewasa menuntun orang belum dewasa, atau tuntunan kepada anak dapat berlangsung.

Jadi dasar paedagogi masyarakat majemuk adalah bahwa tuntunan kepada anggota masyarakat majemuk yang masih belum dewasa (anak) mesti dilakukan oleh yang telah dewasa (orang tua, guru dll). Butuh orang dewasa dalam masyarakat majemuk untuk melaksanakan tuntunan/bimbingan/arahan kepada anak. Dalam konteks pemahaman demikian maka penting kehadiran seorang Guru Pendidikan Agama Kristen dalam masyarakat majemuk untuk melaksanakan tugas paedagogik itu. Bagaimana Guru Pendidikan Agama Kristen melaksanakan tugas paedagogik terhadap peserta didik dalam masyarakat majemuk, khususnya kemajemukan dalam agama, peserta didik Kristen akan berinteraksi dengan peserta didik yang berasal dari agama lain. Sikap seperti apakah yang dapat dipakai untuk bersikap terhadap saudara-saudara yang beragama non Kristen. Paedagogik di Sekolah, di Gereja, dan di Keluarga/rumah.
Misalnya bagaimana Guru Pendidikan Agama Kristen mendidik anak-anak di rumah ketika anak sedang menonton acara TV dari agama non Kristen? Ketika dikumandangkan azan di TV, dll.

0 comments: