Ruang Teknologi Terapan

0

Teknologi adalah segala alat yang merupakan hasil ciptaan manusia. Ada teknologi rendah sampai teknologi tinggi. Teknologi rendah merupakan segala alat ciptaan manusia yang tidak berhubungan dengan arus listrik, sedangkan teknologi tinggi berhubungan dengan arus listrik. Teknologi rendah misalnya: Alat-alat pertanian: cangkul, pacul dll; alat pertukangan: gergaji, martil, meter dll; semuanya diciptakan manusia untuk mendukung kebahagiaan hidupnya di bumi ini. Sedangkan teknologi tinggi, seperti: pesawat terbang, Komputer, Laptop, Notebook, Netbook, Ipad, Handphone atau Hp, Infokus dll.
Beragam teknologi, khususnya teknologi tinggi tersebut di atas maupun yang belum disebutkan, dapat dipakai dalam evaluasi proses pembelajaran. Alat-alat teknologi tinggi yang dapat dipakai dalam evaluasi pembelajaran dapat dirinci sebagai berikut:
1.    Komputer.
Peran komputer sangat membantu seorang evaluator dalam kegiatan evaluasi pendidikan. Untuk mendukung kegiatan evaluasi, kita mebutuhkan komputer yang cara kerjanya mendukung. Kita membutuhkan memori yang cukup besar. Hal ini diperlukan karena kita butuh proses yang lebih cepat. Semakin tinggi memori komputer maka semakin mendukung kegiatan kita.
Banyak jasa layanan penjualan komputer dengan merek-merek terkenal.

2.    Internet

Internet adalah hubungan antara satu komputer dengann komputer lain di dunia. Melalui komputer yang terkoneksi dengan internet maka kita dapat mengakses informasi pihak lain dari kompueter kita. Hal ini disebabkan karena komputer kita terhubung dengan jaringan internet.
Dunia kini dimanja dengan kehadiran alat-alat teknologi canggih yang dapat dipakai untuk koneksi internet dan kita bisa mengakses informasi melalui komputer, laptop, hp, Ipad dan lain-lain.

3.    Laptop
Berbagai merek laptop terkenal yang dapat kita pakai untuk kepentingan evaluasi pendidikan. Saya sejak tahun 2007 menggunakan sebuah laptop dengan merek “HP”. Kualitasnya bagus. Saya sudah memakai laptop merek Hp dan sangat membantu saya dalam mempersiapkan bahan ajar. Selain itu, saya memakai notebook bermerek “Acer”, sangat menolong saya dalam aktivitas mengajar dan kegiatan blogger. Banyak blog yang saya hasilkan baik untuk kepentingan pembelajaran. Untuk kepentingan ini, saya membuat Blog dengan topik “Bahan Ajar Online Berbasis Free Weblog”, baik yang berbasi “Blogspot” maupun “Wordpress”.
Kini untuk memdapatkan laptop tidaklah sulit. Banyak penyedia layanan penjualan Laptop secara online. Berbagai merek, misalnya Laptop merek “Tosiba”, Kompec, “Hp”,  dan banyak merek laptop lainnya.

4.    Notebook dan Notebook

Alat ini juga sangat menolong kegiatan kita. Banyak merek notebook yang tersedia, kita bisa beli secara online.

5.    Ipad
Alat ini juga sangat menolong kita. Ada banyak merek Ipad

6.    Handphone atau Hp
Handphone sangat menolong kita dalam beragam kegiatan. Banyak merek Hp: Nokia, Samsung, Lg, Soni Ericson, dan merek-merek lain.

0 comments: