Model PAK yang multicultur dan Inklusif yang cocok dengan Masyarakat Indonesia

24


Pendidikan multicultural dapat dirumuskan sebagai wujud kesadaran tentang keanekaragaman cultural, hak-hak asasi manusia, serta pengurangan atau penghapusan berbagai jenis prasangka untuk membangun suatu kehidupan masyarakat yang adil dan maju. Pendidikan multicultural juga dapat diartikan strategi/perencanaan untuk mengembangkan kesadaran akan kebanggaan seseorang terhadap bangsanya. Di Indonesia pendidikan multicultural relative baru dikenal sebagai suatu pendekatan yang dianggap lebih sesuai bagi masyarakat Indonesia yang hetrogen, plural, terlebih pada masa otonomi dan desentralisasi yang diberlakukan sejak 1999.
Pertentangan etnis yang terjadi di negeri ini mengajarkan betapa pentingnya pendidikan multicultural bagi masyarakat. Pada sentra-sentra kebudayaan, seperti kota-kota besar, di mana hidup berbagai macam etnis di dalamnya, pertemuan antar kebudayaan merupakan persoalan yang menarik. Pada prinsipnya, pendidikan multicultural adalah pendidikan yang menghargai perbedaan.  Untuk mendisain Pendidikan multicultural secara praktis memang s tidak mudah. Akan tetapi untuk mewujudkan pendidikan multicultural  maka perlu diperhatikan dua hal:
Pertama, dialog. Pendidikan multicultural tidak mungkin berlangsung tanpa dialog. Dalam pendidikan multicultural, setiap perbedaan dan kebudayaan yang ada berada dalam posisi yang sejajar dan sama. Tidak ada kebudayaan yang lebih tinggi dari kebudayaan yang lain. Dialog meniscayakan adanya persamaan dan kesamaan di antara pihak-pihak yang terlibat. Anggapan bahwa kebudayaan tertentu lebih tinggi (superior) dari kebudayaan lain akan melahirkan: fasisme, nativisme, dan chauvinism. Melalui dialog, diharapkan terjadi sumbang pemikiran yang pada gilirannya akan memperkaya kebudayaan atau peradaban yang bersangkutan. Kebudayaan manusia pada dasarnya memiliki nilai-nilai yang sama, yang berbeda hanyalah kemasan budaya. Dialog diharapkan dapat mencari titik-titik persamaan sambil memahami titik-titik perbedaan antar kebudyaan. Bila hal ini tebangun maka terjalin relasi harmonis antar perbedaan dan kebudayaan yang ada.
Kedua, toleransi. Toleransi adalah sikap menerima bahwa orang lain berbeda dengan kita. Dialog dan toleransi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Bila dialog itu bentuknya, toleransi itu isinya. Sistem pendidikan kita selama ini terlalu menitikberatkan pada pengkayaan pengetahuan dan ketrampilan tetapi mengabaikan penghargaan atas nilai-nilai budaya dan tradisi bangsa. (Choirul Mahfud, 2006:viii - xiv)



Epistemologi Pendidikan Multikultural


Pendidikan multicultural dapat diartikan sebagai pendidikan mengenai keragaman kebudayaan. Secara etimologis, multikulturalisme dibentuk dari kata multi yang berarti banyak, kultur berarti budaya, dan isme berarti aliran/paham. Secara hakiki, dalam kata itu terkandung pengakuan akan martabat manusia yang hidup dalam komunitas dengan kebudayaan masing-masing yang unik. Dengan demikian, setiap individu merasa dihargai sekaligus merasa bertanggungjawab untuk hidup bersama komunitasnya.
 

berlanjut postingan berikut.
loading...

24 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Nama : Taripar Holong Tambunan
    NIM : 09-546

    1.Apa Kegunaan belajar PAK dalam Masyarakat Majemuk ?
    Kegunaan Belajar Pendidikan Agama Kristen dalam masyarakat majemuk adalah Diharapkan dengan pengajaran Pendidikan Agama Kristen dalam konteks masyarakat majemuk, peserta didik mampu hadir dan mempraktekan imanya ditengah-tengah lingkungannya tapa mengkompromirkan dogma iman yang dimilikinya.
    Kegunaan nya belajar Pendidikan Agama Kristen Terhadap Masyarakat Majemuk adalah untuk membangun peserta didik untuk memiliki identitas dan komitmen yang jelas tentang imannya dan sekaligus membangun relasi dengan orang yang kepercayaan lain dan ber interaksinya secara positif tanpa saling mengorbankan.Karena itu,yang penting ialah kita mendidik mereka bukan saja untuk mengerti imannya secara sadar (bukan dihapal) tetapi juga mampu melihat aliran atau agama lain secara obyektif tanpa harus terpengaruh.
    Kegunaan nya belajar Pendidikan Agama Kristen Terhadap Masyarakat Majemuk adalah Agar kita dapat selalu ingat akan Tuhan, petunjuk bagaimana cara kita melayani Tuhan dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebagai pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari. Artinya, jika kita melakukan sesuatu yang tidak baik, dengan beragama kita bisa disadarkan oleh ajaran dan agama yang kita anut untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak baik.Sebagai penyelaras hidup dalam masyarakat.

    Gbu

    ReplyDelete
  3. Nama : Krisno Simanjutak
    Semester : Semester VIII (delapan)
    Nim : 09-529

    1. Apa kegunaan PAK dalam Masyarakat majemuk bagi saya adalah.....


    Jawab:
    Dimana Pendidikan Agama Kristen ini untuk membimbing, memperlengkapi, setiap pribadi ke dalam keputusan untuk hidup sebagai orang kristen yang menjadi teladan bagi orang-orang yang disekelilingnya. Dengan mempelajari PAK dalam masyarakat majemuk ini, Disini juga kita sebagai calon guru harus terbuka kepada orang-orang yang disekeliling kita, sebab kita berada atau tinggal dilingkungan dari berbagai macam agama, suku dan kebudayaan di indonesia, dan untuk itu kita harus saling menghargai satu dengan yang lain. Tugas kita adalah menjaga hubungan yang kreatif antara sesama demi memajukan perkembangan individu maupun komunitas agar lebih berfungsi dalam konteks masyarakatnya. Semua hal dalam dunia ini adalah saling tergantung dan saling mempengaruhi. Oleh karena itu, Pendidikan Agama Kristen menjadi sarana penting dalam pembentukan spiritualitas kita, agar mampu menghadirkan diri serta berperan aktif di dunia sekitarnya.

    ReplyDelete
  4. nama : Dewi Sartika Hasugian
    nim : 09-511
    apa kegunaan belajar PAK dalam masyarakat majemuk
    jawab:
    adapun yang menjadi kegunaan Pendidikan Agama Kristen dalam masnyarakat majemuk adalah Menjadikan manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
    Adapun kegunaan pendidikan agama kristen sebagai mana dimaksud diatas adalah sebagai berikut:
    1. Agar manusia selalu ingat akan Tuhan, petunjuk bagaimana cara kita melayani Tuhan dalam kehidupan kita sehari-hari.
    2. Sebagai pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari.
    Artinya jika kita melakukan sesuatu yang tidak baik, dengan kita
    punya agama kita bisa disadarkan oleh ajaran dan agama yang kita anut untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak baik.
    3. Penyelaras hidup dalam masyarakat.

    ReplyDelete
  5. MATA KULIAH : PAK DALAM MASYARAKAT MAJEMUK
    Nama Mahasiswa : Nancy Sherlly Pulu
    Nim : 09-534
    Soal ujian
    1. Apa kegunan/ manfaat PAK dalam Masyarakat Majemuk bagi anda ???

    Jawab : kegunaan Pak Dalam masyarakat Majemuk bagi saya adalah saya bisa bersifat inklusif ( terbuka ) kepada agama-agama yang lain, budaya orang lain, atau dapat dikatakan bahwa saya bisa menerima akan kelemahan dan kelebihan dari orang lain. Apa lagi sebagai tanggung jawab seorang guru PAK yang tugas dan tanggung jawab sebagai seorang guru yang mengajar, memdidik, dan melatih peserta didik yang di sekoalah, bagimana cara seorang guru PAK menggnakan metode atau model Pendidikan Agama yang multikultural ditengah-tengah masyarakat Majemuk, apa lagi guru PAK di derah-daerah di perkotaan yang besar. dan sabagai seorang guru yang berada di tengah-tengah masyarakat yang Majemuk .

    ReplyDelete
  6. Nama : Gerdanus
    Nim : 09-519
    Apa Kegunaan PAK Dalam Masyarakat Majemuk

    Masyarakat majemuk adalah masyarakat yang terdiri atas kelompok-kelompok, yang tinggal bersama dalam suatu wilayah, tetapi terpisah menurut garis budaya masing-masing. Kemajemukan suatu masyarakat patut dilihat dari dua variabel yaitu kemajemukan budaya dan kemajemukan sosial. Kemajemukan budaya ditentukan oleh indikator-indikator genetik-sosial (ras, etnis, suku), budaya (kultur, nilai, kebiasaan), bahasa, agama, kasta, ataupun wilayah. Kemajemukan sosial ditentukan indikator-indikator seperti kelas, status, lembaga, ataupun power.
    Indonesia adalah sebuah masyarakat majemuk. Yang mencolok dari ciri kemajemukan masyarakat Indonesia adalah penekanan pada pentingnya kesukubangsaan yang terwujud dalam bentuk komuniti-komuniti sukubangsa, dan digunakannya kesukubangsaan sebagai acuan utama bagi jatidiri.
    Berdasarkan ciri-ciri fisik atau tubuh yang dipunyai oleh seseorang, gerakan-gerakan tubuh yang dibarengi dengan bahasa yang digunakan dan logat yang diucapkan, dan berbagai simbol-simbol yang digunakan dia akan diidentifikasi sebagai tergolong dalam sesuatu sukubangsa dari sesuatu daerah tertentu oleh seseorang lainnya. Bila ciri-ciri tersebut tidak dapat dipergunakan maka seseorang tersebut akan menanyakan dari mana asalnya
    Masyarakat majemuk atau plural society adalah sebuah masyarakat yang terwujud karena komuniti-komuniti sukubangsa yang ada telah secara langsung atau tidak langsung dipaksa untuk bersatu di bawah kekuasaan sebuah sistem nasional

    ReplyDelete
  7. Nama : Yonatan Sani
    Nim : 09-548
    apa kegunaan saya belajar PAK dalam masyarakat majemuk?
    1) Indonesia ini terdiri atas kelompok-kelompok, yang tinggal bersama dalam suatu wilayah, tetapi terpisah menurut garis budaya masing-masing. Kemajemukan suatu masyarakat patut dilihat dari dua variabel yaitu kemajemukan budaya dan kemajemukan sosial. Kemajemukan budaya ditentukan oleh indikator-indikator genetik-sosial ras, etnis, suku, budaya kultur, nilai, kebiasaan, bahasa, agama, kasta, ataupun wilayah. Kemajemukan sosial ditentukan indikator-indikator seperti kelas, status, lembaga, ataupun power.

    2) Yang kedua adalah sebuah masyarakat majemuk. Yang mencolok dari ciri kemajemukan masyarakat Indonesia adalah penekanan pada pentingnya kesukubangsaan yang terwujud dalam bentuk komuniti-komuniti sukubangsa, dan digunakannya kesukubangsaan sebagai acuan utama bagi jatidir
    3) Masalah yang juga biasa melatarbelakangi konflik etnis dan sektarian Indonesia adalah ekonomi. Konflik Poso jika hanya dianalisis secara dangkal adalah kisah perang agama. Padahal, pada esensinya bukan konflik agama melainkan konflik ketimpangan struktural-ekonomi antara masyarakat asli yang mayoritas Kristen dengan kaum pendatang yang mayoritas Islam. Kejadian serupa juga terjadi di Ambon, yang lebih diakibatkan kegamangan posisi status quo elit dan masyarakat Ambon Kristen atas peralihan politik nasional di level pusat, berupa peralihan kuda-kuda kekuasaan Soeharto dari ABRI menuju Islam modernis.


    1.Saya sedikit lagi siap menjadi spdk, (sarjana pendidikan Kristen), maka menguntungkan matakuliah pendidikan masyarakat majemuk bagi saya. Ketika tempatkan saya di tengah-tengah masyarakat ,maka bisa menghargai dan menyerima apa adanya walau pun hati nuraninya tidak disitu tapi penting hargai dan menyerima
    2. mencari suatu pembcaraan yang umum Agar orang lain juga menyeri kita
    Contohnya seperti .”Tuhan” isa almasih , kasih dan lin-lain agar hubungan tetap membangun di manapun saya berada. Sebagai guru Kristen.
    3. saya merasa menguntungkan mata kuliah ini Karena di mana minoritas Kristen itu bisa pakai pengajaran yang umum supaya orang lain atau agam lai juga bisa menyerima saya
    C. kesimpulan
    Simpulkan bahwa matakulih pendidikan agama Kristen masyarakat majemuk ini penting sekali, dan bagi saya sangat membantu. Karena ketika ada di lapanga bisa ikuti sesuai dengan apa yang sudah belajar disini, tentang apa pun yang penting Menyerima oleh setiap orang atau masyarakat yang sayaadapi dalam macam –macam warna atau budayanya atau pun agama.

    ReplyDelete
  8. Nama : Marthen Lengkong
    NIM : 09-534
    Semester : VIII (delapan)
    Mata Kuliah : PAK dalam Masyarakat Majemuk

    Kegunaan / manfaat belajar PAK Dalam Masyarakat Majemuk antara lain:
    1. Secara Pribadi
    - Bisa lebih memahami hal-hal yang berkaitan dengan PAK maupun paham dari agama / keyakinan yang lain sehingga semakin menambah wawasan/pengetahuan.
    - Semakin mengerti tentang karya Allah yang lebih luas, tidak hanya melalui salah satu budaya/keyakinan tertentu saja tetapi menyadari bahwa Allah turut bekerja melalui segala hal dan kebenaran tersebut menjadi nyata dan sempurna dalam keyakinan kepada Yesus Kristus sebagai Allah, Kebenaran dan Juruselamat yang Sejati.
    - Dengan mempelajari PAK dalam Masyarakat Majemuk dengan benar maka akan semakin meningkatkan peluang penginjilan pribadi di tengah masyarakat yang beragam.
    2. Secara Sosial
    - Membawa suatu nuansa kerukunan dan menghindari konflik langsung dalam suatu lingkungan masyarakat yang majemuk/multikultur.
    - Menjadi jalan masuk bagi Kebenaran yang Sejati dalam suatu lingkungan masyarakat tertentu sehingga orang lain bisa mengenal Yesus Kristus dan karya-Nya dengan lebih baik.

    ReplyDelete
  9. Nama : Reny Grace Vebiola Sitanggang
    NIM : 09-540
    Mata Kuliah : PAK dalam masyarakat Majemuk

    Kegunaan belajar mata kuliah PAK dalam masyarakat majemuk.

    Indonesia adalah Negara yang memiliki banyak keragaman yang berbeda, namun menjadi satu kesatuan. Semboyan Negara kita adalah Bhinneka Tunggal Ika yang artinya sekalipun berbeda, tetapi tetap satu juga. Dengan keberagaman yang ada, maka manusia yang berada di dalamnya juga harus memiliki sikap yang seimbang yang dapat menerima segala konsekuensi dari keberagaman tersebut, baik secara positif maupun negatif.
    Di dalam mata Kuliah PAK dalam masyarakat mejemuk juga dapat dipelajari tentang kemajemukan yang ada di Bangsa Indonesia, baik secara agama, suku, budaya, bahasa, dll.
    Manfaat mata Kuliah ini adalah:

    1. Dapat mempelajari bagaimana seharusnya bersikap terhadap kemajemukan yang ada di Lingkungan sekitar kita. Mengembangkan sikap yang positif (Nasionalisme) dan membuang sikap yang negatif dan ekstrim (primordialisme).

    2. Dapat memilih Pendekatan apa yang paling tepat digunakan untuk memperkenalkan PAK di dalam masyarakat yang majemuk (Teosentris, Dialogis atau Kristosentris).

    3. Dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang kebudayaan dan keberagaman yang berbeda dari masing-masing daerah di Indonesia, dan dapat menghargai perbedaan tsb.

    4. dapat memperkaya saya secara pribadi tentang rencana Allah dalam keberagaman yang plural di Indonesia

    ReplyDelete
  10. Nama Mahasiswa : Ester Ernawati Pasaribu
    Semester : VIII
    NIM : 09-516

    Pertanyaan : Apakah kegunaan/manfaat belajar PAK Dalam Masyarakat Majemuk bagi anda?

    Jawaban :
    Manfaat belajar PAK Dalam Mayarakat Majemuk bagi saya adalah :
    1. Melalui belajar PAK Dalam Masyarakat Majemuk saya dapat memahami prinsip-prinsip PAK Dalam Masyarakat Majemuk diantaranya :
    a. Prinsip menghargai : meskipun manusia berbeda keyakinan/agama, berbeda suku atau ras, bahasa, serta berbeda lapisan sosial (miskin atau kaya), kita harus menghargai perbedaaan tersebut. Kita tidak boleh merendahkan orang lain meskipun orang tersebut berasal dari suku yang berbeda atau berasal dari kalangan miskin,

    b. Prinsip “toleransi beragama” yaitu setiap orang bebas memeluk agama dan menjalankan ibadahnya. Sebagai orang percaya, kita harus menghargai orang yang beragama non Kristen. Misalnya pada saat mereka sedang sholat di mesjid, kita tidak boleh dengan sengaja berisik di dekat lingkungan mesjid.

    c. Prinsip sosialisasi & terbuka yaitu setiap orang percaya harus dapat bersosialisasi dengan orang disekitarnya terlebih bagi orang yang belum percaya sehingga orang percaya memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitarnya.

    d. Prinsip garam dan terang : setiap orang percaya harus mampu menjadi menjadi berkat bagi orang lain dan mampu menjadi teladan bagi orang lain kususnya bagi orang yang belum percaya.

    2. Belajar PAK Dalam Masyarakat Majemuk menolong saya untuk bersikap benar di tengah-tengah masyarakat yang majemuk dimana setiap orang percaya tidak boleh menganggap bahwa hanya dirinyalah yang paling benar dan sukunya lah yang paling benar dan orang yang berasal dari suku lain dan agama lain adalah orang yang paling buruk dari dirinya. Karena semua orang tidak ada yang benar tanpa pembenaran dari Tuhan Yesus Kristus.

    3. Belajar PAK Dalam Masyarakat Majemuk menolong saya dalam menentukan metode yang tepat dalam menjadi saksi Kristus/memberitakan injil di tengah masyarakat yang majemuk

    ReplyDelete
  11. Nama: Erlinda Lumban Gaol
    Nim : 09-515
    semester : VIII
    M. Kuliah : PAK dalam Masyarakat Majemuk.

    Menurut saya manfaat belajar PAK dalam masyarakat Majemuk adalah sebagai seorang Kristen kita lebih terbuka dan memahami betapa besarnya karya Allah menciptakan manusia dengan latar belakang yang berbeda, seperti budaya, agama, dan tingkatan ekonomi atau status sosial yang berbeda. Dengan memahami hal itu mempermudah kita untuk bagaimana cara melakukan pendekatan atau strategi yang baik untuk menyampaikan Pendidikan Agama Kristen ataupun injil kepada orang yang berbeda keyakinan dan budaya, ataupun status sosialnya.
    Dapat juga mempererat persaudaraan atau kerukunan antar budaya atau agama lain, atas dasar pemahaman bahwa semua orang atau semua manusia adalah sama Ciptaan Allah.

    Terima kasih, GBU.

    ReplyDelete
  12. nama: Jois N Atamau
    nim: 09-527
    semester : VIII

    pertanyaan: apa kegunaan/manfaat belajar PAK dalam masyarakat majemuk

    jawab: menurut saya manfaat belajar PAK dalam masyarakat majemuk sangat penting karena PAK merupakan pendidikan agama yang harus diterapkan dalam kehidupan masyrakat, supaya masyarakat bisa menerapkan pendidikan agama dalam PL maupun PB dalam kehidupan sehari-hari dan berlandaskan kebenaran Firman Tuhan agar mereka menjadi berkat atau contoh bagi masyarakat.

    ReplyDelete
  13. NAMA MAHASISWA : JANIATUR SIMBOLON
    SEMESTER : VIII (DELAPAN)
    NIM : 09-524
    MATA KULIAH : PAK Dalam Masyarakat Majemuk
    DOSEN : DR.Yonas Muanley M. PdK
    Menurut saya belajar Pendidikan Agama Kristen sangat penting dalam masyarkat majemuk , ada beberapa kegunaan belajar PAK dalam masyarakat diantaranya:
    1. Menolong saya untuk berikap di tengah masyarakat yang majemuk, sehingga bisa bersikap terbuka (inklusif) terhadap keadaan masyarakat yang majemuk. Tidak bersikap (eklusif) tertup terhadap perbedaan yang ada ditengah-tengah masyarakat.
    2. Menolong saya untuk menerapkan PAK ditengah-tengah masyarakat. Dilihat dari berbagai hal yang ada di dalam masyaraakat, baik dalam bahasa, suku, agama dan budaya masyarakat.
    3. Menolong saya supaya melihat hal-hal yang baik dan positif terhadap kemajemukan masyarakat (ras, suku,agama dan budaya).
    4. Menolong saya untuk lebih kreatif sebagai Guru PAK ditengah-tengah masyarakat majemuk.
    5. Menolong saya untuk melihat segi perbedaan yang ada di tengah masyarakat, dan belajar untuk menerima perbedaan yang ada dimasyarakat, dan tidak terpengaruh terhadap perbedaan itu (tetap berpenggang kebenaran yang sesungguhnya atau yang hakiki).
    6. Menolong saya untuk berinteraksi (berdialog) di tengah masyarakat majemuk secara khusus dalam membicarakan PAK terhadap agama-agama lain.
    7. Menolong saya dalam bergaul ditengah- tengan masyarakat yang majemuk.

    ReplyDelete
  14. Nama : Isa Adelina Purba
    Semester : Semester VIII (delapan)
    Nim : 09-523

    1. Apa kegunaan PAK dalam Masyarakat majemuk bagi saya adalah.....
    Jawab: Adapun yang menjadi kegunaan Pendidikan Agama Kristen adalah untuk mengajar, membimbing, dan melatih setiap orang menjadi lebih dewasa dalam segala aspek kehidupannya baik dalam mengambil keputusan sebagai orang kristen dan sekaligus harus bisa menjadi terang dan teladan bagi orang-orang yang ada disekitarnya, sekaligus harus bisa bersosialisasi dengan masyarakat sekelilingnya. Dengan demikian sebagai orang kristen kita harus bisa menampilkan suatu warna yang berbeda dengan agama lain. Harus bisa membawa suatu pengaruh yang baik dan berdampak postif. Mempelajari PAK dalam masyarakat majemuk ini, dan sekaligus kita sebagai calon guru harus lebih terbuka dan harus dapat dipercaya, dan harus mempunyai integritas yang jelas supaya orang-orang yang ada di sekeliling kita menghormati dan hidup saling tolong menolong. Karena kita hidup dalam masyarakat dengan berbagai agama, suku dan kebudayaan di Indonesia dan untuk itu kita harus saling menghargai satu dengan yang lain. Adapun yang menjadi tugas kita adalah menjaga hubungan yang baik dan komunikasi antara sesama demi meningkatkan hubungan yang terjalin dengan harmonis. Jadi yang menjadi intinya adalah Pendidikan Agama Kristen merupakan salah satu alat atau sarana dalam pembentukan kerohanian dan sekaligus cara berpikir dan bertindak seseorang, agar dapat mampu menciptakan generasi penerus yang aktif, kreatif dan inovatif dalam segala hal terlebih dalam kehidupan bermasyarakat

    ReplyDelete
  15. Nama : Aplena s kayai.
    Semester :Vlll (delapan)

     Apa kegunaan anda belajar PAK dalam masyarakat ?
    Menurut saya Pak dalam masyrakat majemuk sangat penting, karena melalui materi PAK dalam Masyarakat Majemuk, masyarakat menjadi sadar dan menyadari serta mengakui bahwa sosialisa/ dialog bagi umat Kristen sangat minim terhadap masyarakat umum dalam arti terhadap agama-agama. Pentinya sosialisasi/dialog terhadap orang yang berseberangan agama dengan kita, layaknya sebagai orang kristen membuang fanatisme, melepaskan pikiran alergi terhadap agama lain, tetapi mari bersama-sama bergandengan tangan membangun relasi yang baik terhadap semua orang diluar agama yang kita miliki sebab ketika kita memiliki interaksi serta relasi yang baik terhadap mereka maka saat itu jugalah kita memiliki peluang untuk berpolitik mengenali aturan-aturan serta kebiasaan agama lain.
    Dapat dilihat bagaimana prinsip-prinsip PAK/Pendidikan Agama Kristen dalam masyarakat majemuk adalah bagaimana orang dewasa (guru/dosen/pendidik/orangtua) memberi pendidikan (pengajaran/mengajar, menasehati, memberi teladan hidup) kepada yang belum dewasa dengan nilai-nilai Pendidikan Kristen dalam konteks masyarakat majemuk. Dengan kata lain bagaimana mendidik anak dalam konteks keragaman sosial, keragaman budaya, keragaman bahasa, keragaman warna kulit, keragaman ekonomi, keragaman agama supaya mereka mampu membangun kehidupan bersama dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
    PAK perlu memberikan konstruksi sosial dan dimensi pendidikan multikulturalisme. Pendidikan multicultural dari sisi PAK akan bisa membantu banyak orang memahami konsep-konsep, paradigm, dan penjelasan lengkap yang diperlukan untuk menjadi praktisi yang lebih efektif budaya, bahasa rasial beragam dan kelas. PAK juga sering terpanggil untuk membenat memberikan pemahaman perkembangan teoritis, konseptual dan penelitian baru dilapangan. Melihat kompleksitasnya persoalan pendidikan multicultural, memang tampaknya PAK seharusnya bisa memberikan kontribusi setidaknya untuk lingkungan PAK. Untuk itu memang PAK sedang mengalami kekosongan ahli dan peneliti yang mampu menggunakan beragam desain. Maka dengan demikian kita bisa menjadi orang yang inklusif dan exklusif . didalam tengah-tengah masyarakat yang puralisme.

    ReplyDelete
  16. Nama: Bina lestari Lumban Toruan
    Nim: 09-508

    Kegunaan belajar Pendidikan agama Kristen dalam masyarakat majemuk ialah
    Jika, berbicara tentang manfaat mempelajari PAK dalam masyarakat majemuk maka banyak hal yang dapat saya uraikan , karena PAK dalam masyarakat majemuk merupakan salah satu cara untuk menghindari percekcokan antar masyarakat yang pluralis baik itu etnis, suku, budaya, agama , bahasa dan masih banyak lagi yang lain. Dengan adanya PAK dalam masyarakat majemuk memberikan banyak pengertian bagi saya. Maka menurut saya manfaat atau kegunaan mempelajari PAK dalam masyarakat majemuk ialah
    1. Memampukan saya untuk mengetahui bahwa pendidikan agama Kristen itu sangat kaya dan memberikan motivasi saya untuk menghargai suku lain.
    2. Memberikan saya dorongan untuk membuka mata terhadap budaya luar atau budaya selain budaya sendiri dan melihat nilai-nilai positif yang terkandung di dalamnya.
    3. Memberikan saya pengertian bahwa saya tidak dapat membenarkan suku , budaya dan agama saya sendiri terutama mengenai Juruselamat.
    4. Menolong saya untuk mampu bersosialisasi terhadap masyarakat di lingkungan saya.
    5. Menambah wawasan saya terhadap penggunaan strategi-strategi PAK dalam mengabarkan injil atau kabar baik di lingkungan yang minoritas Kristen.
    6. Memampukan saya untuk memilih pendekatan mana yang saya harus gunakan ketika mengabarkan injil di tengah lingkungan yang berbeda-beda suku, bahasa, etnis dan agama.
    7. Menjawab pertanyaan tentang bagaimana cara mendekati orang-orang di luar Kristen untuk dapat bergaul dan menjadi bersahabat dengan mereka.
    8. Memudahkan saya untuk mengerti tentang keselamatan yang di miliki oleh orang lain atau di luar Kristen.
    9. Memberikan pengertian bagi saya secara pribadi mengenai masalah-masalah yang sering terjadi di tengah masyarakat majemuk saat ini, dimana banyak sekali permasalahan yang terjadi diakibatkan perbedaan suku atau agama.

    ReplyDelete
  17. MANFAAT BELAJAR PAK DALAM MASYARAKAT MAJEMUK
    UNTUK PRIBADI

    1. Belajar Hidup dalam Perbedaan

    Pengembangan sikap toleran,empati,dan simpati haruslah terus dibangun sebagai pra syarat eksistensi keragaman agama yang ada. Dengan demikian saya sebagai peserta didik lewat proses pembelajaran yang ada dimampukan hidup bersama dengan orang lain yang memiliki latar belakang hidup yang berbeda. Menerima realitas keanekaragaman adalah untuk menanamkan sikap toleran sejak dini dari perbedaan yang kecil hingga perbedaan yang besar tanpa mengkompromikan apa yang tidak bisa dikompromikan.

    2. Memelihara Saling Pengertian
    Saling pengertian bukan berarti menyetujui perbedaan.Banyak orang tidak mau memahami atau mengerti penganut keyakinan lain, sebab ia dapat dituduh sebagai orang yang menyetujui keyakinan lain tersebut atau bersifat kompromi terhadap perbedaan yang ada.Saling pengertian adalah kesadaran bahwa nilai-nilai yang di anut oleh orang lain memang berbeda,tetapi mungkin dapat saling melengkapi dengan nilai-nilai yang kita anut serta member kontribusi terhadap hubungan yang harmonis.

    3. Sikap Saling Menghargai.


    selain dari poin-poin ditasa Belajar PAK Dalam Masyarakat Majemuk menolong saya untuk bersikap benar dan menjadi teladan di tengah-tengah masyarakat yang majemuk dimana setiap orang percaya tidak boleh menganggap bahwa hanya dirinyalah yang paling benar dan sukunya lah yang paling benar dan orang yang berasal dari suku lain dan agama lain adalah orang yang paling buruk dari dirinya. Karena semua orang tidak ada yang benar tanpa pembenaran dari Tuhan Yesus Kristus. selain itu juga kita sebagai orang yang percaya kita adalah cerminan Alkitab hidup yang dapat dibaca semua orang, selain itu kita sebagai orang kristen merupakan orang yang tinggal didalam rumah kaca yang bisa dilihat semua orang, maka dari itu kita harus bisa mencerminkan sika yang teladan

    ReplyDelete
  18. Nama : Yuo Hendri
    Nim : 09-549
    Semester : VIII

    Apa Kegunaan Belajar PAK dalam Masyarakat Majemuk?
    a) Kegunaan mempelajari PAK dalam masyarakat majemuk adalah masyarakat saling berlomba-lomba untuk mewujudkan kebaikan, mengembangkan saling pengertian, mengembangkan pemahaman terhadap kelompok lain, mengembangkan toleransi, dan mengembangkan kelapangan dada dalam menghadapi perbedaan-perbedaan yang terjadi dalam masyarakat dan saling menciptakan kedamaian umat beragama.
    b) Kegunaan Mempelajari PAK dalam masyarakat majemuk adalah dengan mempelajari Pendidikan Agama Kristen Masyarakat Majemuk Perserta didik dapat memiliki visi akan keamanan, kelimpahan dan martabat tersebut menjadi jalan keluar akan permasalahan hidupnya. Maka dengan mempelajari PAK masyarakat Majemuk akan memperat tali persaudaran yan hidup harmonis.
    c) Kegunaan belajar PAK dalam masyarakat majemuk adalah menyadari bahwa hidup yang sesuai visi Yesus menjadi pedoman hidup yang menuntut mereka untuk mengenali apa yang Allah perlihatkan secara khusus sebagaimana berhubungan dengan masyarakat Majemuk.
    Dalam hubungan di atas tugas dan tanggungjawab masyarakat Kristen yakni mengajarkan masyarakat lain akan kebenaran yang diajarkan Yesus. Dan mengajak masyarakat yang dapat menghargai setiap perbedaan dan persamaan yang ada, serta dapat belajar untuk hidup dalam sebagai kesatuan ciptaan memiliki kemajemukan.

    ReplyDelete
  19. Nama Mahasiswa : Tioma Sihotang
    NIM : 09-547
    Mata Kuliah : PAK Dalam Masyarakat Majemu


    Menurut saya kegunaan PAK dalam masyarakat majemuk ialah:
    1. Mengajar saya untuk untuk tidak bersifat ekslusif tetapi bersifat inklusif dengan keberagaman budaya dan agama yang ada
    2. Dengan belajar PAK dalam masyarakat majemuk, memberikan pemahaman baru untuk bisa menghargai perbedaan yang ada
    3. Dengan belajar PAK dalam masyarakat mejemuk saya lebih mengerti pendekatan apa yang akan saya lakukan pada saat saya berada ditengah-tengah lingkungan masyarakat yang pluralisme (pendekatan Teosentris, Kristosentris dan dialogis)
    4. Dengan belajar PAK dalam masyarakat majemuk akan lebih mempermudah saya untuk penginjilan


    ReplyDelete
  20. Nama : Delmiah Hariati
    Setelah belajar materi pelajaran "PAK dalam Masyarakat Majemuk" saya mendapatkan kegunaan dari materi tersebut yaitu:
    1. Dilatarbelakangi oleh masyarakat Indonesia yang beragam kepercayaan dan kebudayaan, mengharuskan untuk melaksanakan tanggungjawab bahwa manusia itu harus saling berinteraksi untuk mampu mempelajari setiap kebudayaan yang ada
    2. Menjadi sadar dan menyadari serta mengakui bahwa sosialisasi umat Kristiani selama ini sangat minim trhadap masyarakat umum dalam artian terhadap agama-agama lain diluar kristiani
    3. sikap menamkan sosialisasi serta bisa menerima budaya atau kepercayaan orang lain
    dengan demikian saya sebagai mahasiswa yang akan menjadi guru PAK harus mampu menjadi berkat bagi sekitar. Mampu menciptakan dan membina keterampilan pelayanan dan masyarakat.

    ReplyDelete
  21. Nama : Syukurman Zebua
    UAS PAK Masyarakat Majemuk.
    Soal : 1. Kegunaan/manfaat belajar PAK dalam masyarakat majemuk.

    Kegunaan Belajar Pendidikan Agama Kristen dalam masyarakat majemuk adalah Diharapkan peserta didik mampu hadir dan mempraktekan imanya ditengah-tengah lingkungannya
    Pendidikan Agama Kristen Terhadap Masyarakat Majemuk adalah membangun peserta didik untuk memiliki komitmen yang jelas tentang imannya dan sekaligus membangun relasi dengan orang yang kepercayaan lain. Karena itu,yang penting ialah kita mendidik mereka bukan saja untuk mengerti imannya secara sadar,tetapi juga mampu melihat aliran atau agama lain secara obyektif tanpa harus terpengaruh.Pendidikan Agama Kristen Terhadap Masyarakat Majemuk adalah Sebagai pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari. Artinya, jika kita melakukan sesuatu yang tidak baik, dengan beragama kita bisa disadarkan oleh ajaran dan agama yang kita anut untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak baik.

    1). Memampukan memahami kasih dan karya Allah dalam kehidupan sehari-hari.
    Pada dasarnya PAK dimaksudkan untuk menyampaikan kabar baik (euangelion = injil), yang disajikan dalam dua aspek, aspek ALLAH TRITUNGGAL (ALLAH BAPA, ANAK, DAN ROH KUDUS) dan KARYANYA, dan aspek NILAI-NILAI KRISTIANI. Pemahaman terhadap Allah Tritunggal dan karya-Nya harus tampak dalam nilai-nilai kristiani yang dapat dilihat dalam kehidupan keseharian.Di dalam dan melalui pekerjaan-Nya TUHAN Allah menganugerahkan keselamatan ke atas kehidupan seluruh makhluk ciptaan-Nya. Itulah pemahaman dan pengakuan iman Gereja sepanjang sejarah dunia dan di manapun Gereja diutus. Berdasarkan ketentuan dalam pernyataan tersebut maka keberadaan Pendidikan Agama Kristen dalam masyarakat majemuk sangat berfungsi dalam dunia pendidikan. Artinya PAK dapat memampukan memahami kasih dan karya Allah.
    Berdasarkan pemahaman tersebut, PAK dalam masyarakat majemuk mampu mendorong terjadinya transformasi dalam kehidupan, terutama dalam pengayaan nilai-nilai iman kristiani,Dogma yang lebih spesifik dan mendalam diajarkan di dalam gereja.
    2). Membantu mentransformasikan nilai-nilai kristiani dalam kehidupan sehari-hari
    Kata transformasi menjadi sangat populer banyak Hamba Tuhan yang menjadikan perihal “transformasi” sebagai pokok pemberitaan Firman mereka. Hal ini tidaklah mengherankan. Secara sederhana, transformasi didefinisikan sebagai suatu perpindahan atau perubahan. transformasi adalah proses perubahan atas keyakinan ( pola pikir) dan kebiasaan-kebiaasaan lama. Pendidikan Agama Kristen dalam masyarakat majemuk PAK berisikan ajaran doktrin Kristen, norma dan didikan yang berfungsi memampukan masyarakat memahami kasih dan karya Allah dalam kehidupan sehari-hari dan membantu masyarakat mentransformasikan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  22. Nama : Ladesma Sitompul

    melalui mata kuliah ini saya dapat mengerti bahwa kemajemukan yang ada di indonesia tidak semerta-merta membuat perbedaan atau ketertutupan dengan suku, ras, agama dan lainnya. sehingga kegunaannya bagi saya adalah :
    1. memberikan pemahaman yang jelas mengenai perbedaan yang ada di indonesia
    2. menolong saya untuk melakukan interaksi yang baik dengan agama yang lain
    3. menanamkan nilai-nilai kekristennan yang harus dipertahankan dalam menghadapi kemajemukan masyarakat yang ada di indonesia
    4. membuat saya lebih menghargai perbedaan yang ada
    5. menjadi bekal saya dalam menjalani kehidupan bermasyarakat

    ReplyDelete
  23. Nama : Syukurman Zebua
    UAS PAK Masyarakat Majemuk.
    Soal : 1. Kegunaan/manfaat belajar PAK dalam masyarakat majemuk.

    Kegunaan Belajar Pendidikan Agama Kristen dalam masyarakat majemuk adalah Diharapkan peserta didik mampu hadir dan mempraktekan imanya ditengah-tengah lingkungannya
    Pendidikan Agama Kristen Terhadap Masyarakat Majemuk adalah membangun peserta didik untuk memiliki komitmen yang jelas tentang imannya dan sekaligus membangun relasi dengan orang yang kepercayaan lain. Karena itu,yang penting ialah kita mendidik mereka bukan saja untuk mengerti imannya secara sadar,tetapi juga mampu melihat aliran atau agama lain secara obyektif tanpa harus terpengaruh.Pendidikan Agama Kristen Terhadap Masyarakat Majemuk adalah Sebagai pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari. Artinya, jika kita melakukan sesuatu yang tidak baik, dengan beragama kita bisa disadarkan oleh ajaran dan agama yang kita anut untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak baik.

    1). Memampukan memahami kasih dan karya Allah dalam kehidupan sehari-hari.
    Pada dasarnya PAK dimaksudkan untuk menyampaikan kabar baik (euangelion = injil), yang disajikan dalam dua aspek, aspek ALLAH TRITUNGGAL (ALLAH BAPA, ANAK, DAN ROH KUDUS) dan KARYANYA, dan aspek NILAI-NILAI KRISTIANI. Pemahaman terhadap Allah Tritunggal dan karya-Nya harus tampak dalam nilai-nilai kristiani yang dapat dilihat dalam kehidupan keseharian.Di dalam dan melalui pekerjaan-Nya TUHAN Allah menganugerahkan keselamatan ke atas kehidupan seluruh makhluk ciptaan-Nya. Itulah pemahaman dan pengakuan iman Gereja sepanjang sejarah dunia dan di manapun Gereja diutus. Berdasarkan ketentuan dalam pernyataan tersebut maka keberadaan Pendidikan Agama Kristen dalam masyarakat majemuk sangat berfungsi dalam dunia pendidikan. Artinya PAK dapat memampukan memahami kasih dan karya Allah.
    Berdasarkan pemahaman tersebut, PAK dalam masyarakat majemuk mampu mendorong terjadinya transformasi dalam kehidupan, terutama dalam pengayaan nilai-nilai iman kristiani,Dogma yang lebih spesifik dan mendalam diajarkan di dalam gereja.
    2). Membantu mentransformasikan nilai-nilai kristiani dalam kehidupan sehari-hari
    Kata transformasi menjadi sangat populer banyak Hamba Tuhan yang menjadikan perihal “transformasi” sebagai pokok pemberitaan Firman mereka. Hal ini tidaklah mengherankan. Secara sederhana, transformasi didefinisikan sebagai suatu perpindahan atau perubahan. transformasi adalah proses perubahan atas keyakinan ( pola pikir) dan kebiasaan-kebiaasaan lama. Pendidikan Agama Kristen dalam masyarakat majemuk PAK berisikan ajaran doktrin Kristen, norma dan didikan yang berfungsi memampukan masyarakat memahami kasih dan karya Allah dalam kehidupan sehari-hari dan membantu masyarakat mentransformasikan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  24. nama : Riswanto Lago

    Kegunaannya buat saya
    1. untuk memiliki identitas dan komitmen yang jelas tentang imannya dan sekaligus membangun relasi dengan orang yang bekepercayaan lain dan berinteraksinya secara positif tanpa saling mengorbankan.
    2. menolong saya untuk merelasikan diri Secara positif dengan orang yang berkepercayaan lain.
    3. Sebagai calon pendidik di sekolah maupun digereja, maka mata kuliah ini sangat menolong saya untuk mengerti bahwa Pendidikan Agama Kristen harus memainkan peranan yang sangat penting. Dimana generasi muda kita yang kita didik baik di gereja maupun di sekolah adalah generasi yang hidup dalam konteks yang sangat pluralistik. Oleh sebab itu kita tidak dapat mendidik mereka dengan mempertentangkan terus menerus perbedaan di antara agama-agama dan budaya yang ada.(inilah yang menjadi kegunaan yang sangat urgensi buat saya)

    ReplyDelete